smart.fm: Menghafal kata bahasa Jepang dengan cara menyenangkan di Internet

smart.fm - situs menghafal kosakata bahasa Jepang

Sebagai alat bantu menghafal kata, kamu bisa menggunakan program seperti Mnemosyne. Namun kalau kamu terhubung ke Internet, ada alternatif atau pelengkap lain yaitu situs smart.fm. Di situs tersebut, kamu menghafal kata-kata bahasa Jepang dengan format seperti game tebak-tebakan. Keunggulan smart.fm yang paling utama bagi saya adalah tersedianya contoh-contoh kalimat beserta audionya dan juga mode dikte.

Situs tersebut sebetulnya sangat mudah digunakan sehingga kamu bisa saja langsung menjelajah sendiri dan memulai kuis yang menarik untuk menghafal kata-katanya. Namun kalau ingin panduan awal langkah per langkah dan beberapa tips penggunaan, silahkan baca artikelnya.

Mendaftar dan setting awal

Mendaftar di smart.fm

Pertama-tama, buatlah akun di smart.fm dengan mengklik “Join now”. Dengannya, situs tersebut bisa tahu kata-kata apa yang sudah kamu hafal dengan baik sehingga tidak akan menanyakan kata yang sama berulang-ulang. Kamu juga bisa melacak kemajuanmu. Terakhir, pengguna terdaftar bisa berteman dengan pengguna lain sehingga bisa saling melihat kemajuannya dan saling memberi semangat.

Rekomendasi awal smart.fm

Setelah mendaftar, kamu akan dibawa ke halaman awalmu dan disodori berbagai gol (kelas) untuk dipelajari. Karena banyak bahasa yang bisa dipelajari di smart.fm, ada baiknya kita memberitahu situs tersebut tentang bahasa apa yang saat ini kita pelajari. Dengannya, smart.fm bisa memberi rekomendasi gol-gol yang relevan. Untuk mengatur bahasa, pilih “Set Languages”.

Tambah bahasa di smart.fm

Di halaman pengaturan bahasa, klik “Add a Language” di bawah “Languages I Know” untuk menambahkan bahasa-bahasa yang sudah kamu kuasai (misalnya Bahasa Indonesia). Tambahkan sejumlah yang diperlukan (kamu juga bisa mengatur tingkat pemahamannya). Dengan ini, pengguna lain di smart.fm bisa tahu bahasa ibumu.

Lalu, klik juga “Add a Language” di bawah “Languages I’m Studying” untuk menambahkan bahasa-bahasa yang sedang atau ingin kamu pelajari. Tambahkan juga sebanyak yang kamu perlukan. Hasilnya misalnya seperti ini:

Selesai atur bahasa di smart.fm

Setelahnya kamu tinggal mengklik “Save” dan kembali ke halaman awal dengan mengklik “Home” di paling atas. Kali ini halaman depanmu mestinya sudah berubah:

Saran gol bahasa Jepang

Bisa dilihat bahwa gol-gol bahasa Jepang kini ditawarkan untuk kamu.

Memilih gol

Seperti telah disebutkan, gol adalah sekumpulan kata-kata yang bisa kamu pelajari sebagai satu unit. Sebagai contoh, ada gol nama-nama binatang dalam bahasa Jepang. Lalu ada gol misalnya 200 kata paling dasar di bahasa Jepang. Kamu juga bisa membuat gol sendiri, misalnya daftar semua kata-kata yang muncul di bab 1 buku cetak bahasa Jepangmu!

Untuk mencoba belajar di situs ini, silahkan saja pilih gol yang kira-kira menarik kamu. Kamu bisa memilih gol yang direkomendasikan di halaman depan misalnya, atau mengklik “more” di bawahnya untuk melihat rekomendasi yang lebih banyak lagi. Kamu juga bisa melakukan pencarian gol tertentu melalui “Search” di kanan atas.

Kalau kamu pemula bahasa Jepang, saya pribadi menyarankan kamu memulai dari seri Core 2000. Di situ diajarkan 2000 kata paling dasar di bahasa Jepang yang dibagi menjadi 10 gol. Buka misalnya gol pertama di seri tersebut yaitu Japanese Core 2000:Step 1. (karena kata-kata di situ sangat dasar, pelajar lebih lanjut mungkin bisa melirik Core 6000)

Mulai menghafal kata-katanya dengan iKnow

Core 2000

Di atas ditunjukkan halaman awal Japanese Core 2000:Step 1. Dari situ kamu bisa melihat-lihat kata-kata yang akan dipelajari di gol tersebut. Untuk memulai, langsung saja pilih “Start iKnow” yaitu aplikasi permainan menghafalnya.

(Aplikasi iKnow menggunakan Flash dan akan membuka window baru. Sebagai alternatifnya, kamu bisa mengklik tombol kuning “Start” yang langsung akan memulai permainannya di situ juga. Tapi berdasarkan pengalaman saya, suara kata dan contoh-contoh kalimatnya akan lebih lancar menggunakan iKnow, jadi disarankan untuk menggunakan iKnow saja.)

Setting huruf di iKnow

Saat iKnow pertama kali muncul, kamu akan ditanya mengenai mode belajar kamu, apakah ingin menggunakan romaji, kana, atau full (menggunakan kanji dan kana). Jadi bagi yang belum bisa membaca huruf Jepang, kamu bisa memilih romaji. Setting ini bisa diubah kapanpun jadi jangan takut untuk mencoba-coba. Contoh di bawah selanjutnya menggunakan setting romaji.

Review sesi

Dalam menyelesaikan suatu gol, proses belajar kamu akan dibagi menjadi sesi-sesi. Tiap sesi defaultnya adalah belajar 10 kata. Jadi, kamu bisa mempelajari misalnya 2 sesi atau 3 sesi setiap harinya sesuai dengan waktu yang tersedia. Saya pribadi saat ini belajar 2 sesi per harinya. Sesedikit atau sebanyak apapun, yang penting adalah berusaha rutin.

Di gambar atas ditunjukkan kata-kata yang akan dipelajari di sesi ini. Kalau kamu mengklik kata-katanya, kamu bisa mendengar cara pengucapan kata tersebut. Untuk setiap kata, disarankan agar kamu mendengarkannya lalu mencoba mengucapkannya. Setelah siap, klik tombol “Start studying” untuk mulai menghafal kata-katanya!

Permainan iKnow

Pada dasarnya, pertama arti masing-masing katanya akan ditunjukkan satu per satu. Lalu kata-kata di sesi tersebut akan ditanyakan berulang-ulang sampai kamu dianggap hafal baik. Jenis pertanyaannya bisa bermacam-macam, misalnya:

  • Kamu ditunjukkan kata bahasa Jepangnya, dan harus memilih arti bahasa Inggris yang benarnya
  • Kamu ditunjukkan arti bahasa Inggrisnya, dan harus memilih kata bahasa Jepang yang benarnya
  • Kamu ditunjukkan arti bahasa Inggrisnya, dan harus menulis sendiri kata bahasa Jepang yang benarnya

Nanti akan ada contoh kalimat untuk tiap katanya, jadi usahakan juga untuk membaca kalimatnya keras-keras agar lebih cepat hafalnya. Ini salah satu keunggulan utama smart.fm: Dengan adanya contoh kalimat, kamu jadi mengerti konteks penggunaan kata-katanya sehingga mengerti arti katanya dengan benar dan lebih mudah hafal. Jadi manfaatkan contoh kalimatnya sebaik mungkin dengan membacanya.

Setelah selesai, kamu akan dibawa ke halaman laporan sesi:

Halaman laporan sesi iKnow

Bisa dilihat persentasi tingkat hafalan tiap kata. Kalau belum 100%, maka kata tersebut sangat mungkin akan ditanyakan lagi di sesi-sesi mendatang sampai kamu dianggap benar-benar hafal. Setelah mengklik tombol “Main” kamu akan dibawa ke halaman awal gol.

Laporan gol iKnow

Ada beberapa hal yang bisa diperhatikan di situ. Pertama adalah persentasi gol secara keseluruhan. Kalau sudah mencapai 100%, artinya kamu dianggap sudah hafal seluruh kata di gol tersebut! Lalu kamu juga bisa mengubah jumlah kata tiap sesi dari 10 menjadi 5.

Untuk memulai sesi baru, klik saja tombol kuning “Start”. Namun kalau kamu sudah merasa cukup untuk hari ini, tinggal tekan “Quit” dan kamu bisa melanjutkannya di hari lain. Untuk mengubah mode romaji/kana/full, tinggal tekan “Settings” lalu pilih tab “Quiz”:

Ubah mode iKnow

Kalau kamu ingin belajar bahasa Jepang dan berharap agar suatu saat nanti bisa mahir, jangan gunakan romaji! Jumlah hiragana dan katakana tidak begitu banyak, jadi secepatnya pelajari kedua huruf tersebut dan ganti mode iKnow-mu menjadi kana (atau mode “full” yang juga menggunakan kanji). Ingat, bahasa Jepang tertulis tidak menggunakan romaji, jadi tidak ada alasan untuk berlama-lama tetap menggunakannya.

Menariknya, kamu bisa menghafal kana di iKnow karena terdapat seri hiragana dan katakana. Jadi mulai belajar huruf Jepang sekarang juga!

Mode dikte

Mode dikte

Dari halaman awal suatu gol, kamu juga bisa memulai latihan dikte dengan mengklik “Start Dictation”. Pada kuis kali ini, kalimat-kalimat penuh akan dibacakan dan tugasmu adalah menulis kalimat teresbut! Jadi, kalau kamu rajin melakukan latihan dikte, bisa dipastikan bahwa kemampuan mendengarmu akan bertambah drastis.

Selain menyelesaikan gol melalui iKnow sampai 100%, sangat disarankan agar kamu juga mengerjakan latihan dikte sampai 100%.

Penutup

Dengan smart.fm, kita dimudahkan untuk mengafal kosakata bahasa asing. Tidak hanya bahasa Jepang, di situs tersebut kita bisa belajar bahasa Mandarin, belajar bahasa Perancis, belajar bahasa Jerman, belajar bahasa Arab, sampai belajar bahasa Inggris (banyak gol untuk persiapan TOEFL atau TOEIC).

Selain iKnow dan mode dikte, ada juga mode brainspeed jadi silahkan coba juga (walaupun saya sendiri kurang begitu senang mode tersebut). Di situs tersebut juga disediakan fungsionalitas jejaring sosial sederhana sehingga kamu bisa mencari dan menambah teman (kalau ada yang mendaftar dan mencari teman, tulis saja id-nya di komentar artikel ini).

Walaupun smart.fm berguna untuk menghafal kata, dia tidak mengajari tata bahasa sehingga pemula mungkin akan bingung dengan infleksi-infleksi yang ada (misalnya kenapa kata taberu muncul sebagai tabemashita di contoh kalimat). Jadi gunakanlah bersamaan dengan buku cetak bahasa Jepang favoritmu atau dengan materi online misalnya Tutorial Tae Kim.

Dengan situs yang sangat membantu ini, semuanya kini tinggal tergantung kamu. Sehebat-hebatnya teknologi, tidak ada artinya jika tidak digunakan. Jadi berusahalah untuk menghafal kata secara rutin di situs itu, walaupun itu 1 sesi sekalipun. Pasti dalam beberapa bulan, perbendaharaan katamu sudah bertambah luas.

Setelah hafal banyak kata-kata bahasa Jepang, tentunya kamu ingin mengaplikasikannya kan? Salah satu caranya adalah dengan menulis dalam bahasa Jepang, dan kalau kamu mencari situs untuk latihan menulis bahasa asing, kunjungi lang-8.

Selamat belajar!

Simpan di situs bookmarking sosial:
  • Digg
  • del.icio.us
  • Twitter
  • Facebook
  • Technorati
  • Tumblr
  • Slashdot
  • StumbleUpon
  • Mixx
  • Google Bookmarks
  • Live
  • Identi.ca
  • LinkedIn

Tags: , , , , , , ,

39 Responses to “smart.fm: Menghafal kata bahasa Jepang dengan cara menyenangkan di Internet”

  1. kireina_mama says:

    totemo yatte mitai…makaci sensei…

  2. Inta says:

    Salam kenal sensei, blognya bermanfaat sekali, izin copy paste. Saya buka situs smart.fm hari ini tapi kayaknya under reparation. Benarkah atau saya salah tulis alamatnya

  3. @kireina_mama-san
    zehi tameshite mite ne

    @Inta-san
    Barusan saya coba bisa kok. Kalaupun tadi ada maintenance, mungkin maintenancenya sudah selesai sekarang.

  4. Indah says:

    kono website wa hajimete mita,

    はじめまして
    インダー です。
    よろしくおねがいします。。

    日本語をべんきょうしたい。。

    ありがとうございます

  5. fatma says:

    id : sri.fatmariana

  6. fatma says:

    terima kasih infonya
    sangat membantu sangat *love it!*
    mana ada cara nulis kanjinya lagi (urutan/stroke-nya)
    pleus contoh kalimat..
    jadi semangat lagi belajarnya…
    arigato agro-sensei
    mo gambarimashouu!!

  7. fatma says:

    oia saya setuju, pake iknow memang lebih ok

  8. @fatma-san
    Iya, kalau fitur cara nulis kanji malah aku baru sadar baru2 ini, soalnya dulu kayaknya ga ada.

    PS: Kok kucari di pencarian ga muncul ya? Mungkin karena masih user baru jadi belum muncul di database pencarian… Tapi bisa ketemu kok pake nulis langsung alamat yang formatnya:

    http://smart.fm/users/NAMA_USER

    misalnya: http://smart.fm/users/sri.fatmariana

  9. ari says:

    langsung daftar :D

  10. @Indah-san
    日本語お上手ですね。こちらこそよろしくお願いします。

    @ari-san
    Selamat mencoba :)

  11. fuyuka says:

    Moshi2 sensi… Blog ini sangat bermanfaat… trus sensi kalo sign up di sebelah mana ya? Saya dah punya akun tapi gak tahu dimana Sign upnya.. :shy: mohon bimbingannya

  12. @fuyuka-san
    Login smart.fm? Buat login ada di kanan atas halaman utama :)

  13. ynos says:

    shugoiiiiiiii…..
    Arigatou Rachmat sensei…!
    Watashi wa ynos, Hajimemashite, dozo yoroshiku
    (hny itu kata2 yg tau, itupun belajar dari suka liat anime ^_^)

  14. Abdul Matin says:

    Arigatou sensei…
    web nya sangat bagus…
    Tambah semangat…………

  15. fuyuka says:

    @ agro.. : Arigatou… ternyata komputer sayanya aja yg gak ada login yang agro-san bilang.. di warnet ternyata ada, sayangnya, di warnet gak bisa baca huruf kana ma kanjinya… harus gimana ya? Dirumah gak bisa login, di warnet gak bisa belajarnya.. hiks3x…. :’(

  16. @ynos-san
    kochira koso yoroshiku onegai shimasu

    @Abdul Martin-san
    Selamat belajar :)

    @fuyuka-san
    Mungkin bisa coba langsung pakai alamat login berikut:
    http://smart.fm/login

  17. Orange_Range says:

    それはとってもいい話だ。 (kalimat ini yang paling diinget dari smart.fm hhh)….

    cuman mau kasih tau link :

    - MIT Japanese Language
    - Kumpulan File Audionya

  18. @Orange_Rangeさん
    Wah thanks banget linknya. Jadi sumber resource tambahan nih :)

  19. ynos says:

    Link Orange-san bagus juga ^_^
    Sayang neh di tempatku iKnownya jd error, awal daftar d smart.fm sih bisa belajar pake iKnow, tp hari kedua sampe sekarang ga isa di buka, brenti pas bar progress, di tunggu 1-2 jam ga muncul2. Udah reinstal browser pake Firefox 3.6, opera 10.10 dan Chrome, terus aku instal plugin flash+shockwave terbaru masih tetap ga isa buka iKnow App. Mungkin koneksi lg lemot gara2 ujan …. T_T pelajaran sampe hari ini tertunda…

  20. Ablam says:

    wuaaaaah kereeee…n. terimakasih bang Agro

  21. cuzhie says:

    kok ga tampilan yg buat joinnya c…kan jd bingung..

  22. Orange_Range says:

    Info :
    Ternyata kartu-kartu Smart.fm ini bisa kita download dan dibuka secara offline lho ^^.
    Caranya :

    Download software Anki (kegunaannya sama seperti mnemosyne tapi fiturnya lebih lengkap)
    Install anki, lalu download pluginnya namanya : Smart.FM – Improved Importing

    File → Download → Shared Plugins. Pilih “Smart.FM – Improved Importing”.

    Selengkapnya baca penggunaannya di sini.

  23. Orange_Range says:

    Koreksi buat Link Anki-nya

  24. akarui cha says:

    sensei…
    akaru bru bljr di smart.fm
    SUKI DA….
    wlpn msih abal2….
    lm2 jg lncar kan sensei?????

  25. sheren naohito says:

    sensei..
    arigato gozaimasu
    bener bener membantu banget
    mudah2an tahun depan udah cas cis cus nihongo nya
    honto ni arigato

  26. Riri says:

    haduuuuuh jadi inget, udah lama ga latian di smartfm.
    padahal udah ambil banyaaak paket yg mau dipelajari, hihi.
    must find some spare time nih >_<

  27. Rizki says:

    terimakasih banyak sensei

  28. eppe says:

    “Kalau kamu mengklik kata-katanya, kamu bisa mendengar cara pengucapan kata tersebut”
    Sudah saya klik berkali2 kok nggak muncul audionya ya?

    Trs, saya ingin memunculkan cara bacanya (dlm hiragana atau romaji) pada mode IKnow. Kalo saya baca di FAQ harusnya bisa disetting. Tapi saya klik di setting – quiz mode – strict mode – kok nggak ada option “kana/romaji/kanji modenya ya?

  29. Aza says:

    Arigatou gozaimasu sensei, situsnya membantu banget
    Saya juga baru sadar ternyata bukan cuma bahasa Jepang saja yang ada, bahasa lain bahkan science juga ada.

  30. izzah says:

    situsnya ngebantu bangett ..
    jadi makin semangat deh blajar bhasa jepangnya :D
    kayaknya rame ,
    lets try :D

  31. Lee Kurosaki says:

    Arigatou….!!!!
    watashi wa Lee desu..Yoroshiku onegaishimasu sensei
    bener2 bermanfaat lho!?Sya suka bgt Japan..
    doumo arigatou ya sensei..^^

  32. Hamit Aviciin says:

    menarik kan coba

  33. thx bwt info.a
    mdh”an jadi mudah belajar bahasanya

  34. apink says:

    Wah… thanks banget ini sangat bermanfaat…
    jadi bisa belajar bahasa Jepang
    Thanks yah..

  35. doni says:

    Ohayo gozaimas, sensei ini smart fm radio bukan yah?

  36. Koha-chan says:

    arigatou gozaimasu
    Koha-chan jadi bisa belajar bahasa jepang, deh !
    :D

  37. [...] Label: flash card, gratis, iknow, kata, kosakata, menghafal, perbendaharaan kata, smart.fm Kategori: Alat studi, Situs menarik | 36 Komentar » [...]

  38. topik hidayah says:

    kayaknya keren.. ni baru di coba, tp loadingnya agak lama… trimakasih bgt ya…..

  39. mrfahmi381 says:

    日本語で話しましょう。。!

Tulis komentar