Point Cloud Library (PCL) adalah sebuah open project untuk 3D point cloud processing. Library ini digunakan secara luas olehresearcher di dunia, mulai dari yang bergerak di bidang image processing, computer vision, sampai robotika. Pengembangan library ini juga didanai oleh vendor-vendor besar dunia seperti Toyota, NVIDIA, Willow Garage, dan Google. Tidak heran jika nantinya library ini akan menjadi standar dalam pengembangan dunia 3D, seperti halnya OpenCV untuk image processing(utamanya 2D computer vision).
Mengapa harus 3D point cloud? Selama ini kita lebih banyak mengenal library-library 3D seperti VTK, ITK, OpenGL, dan lain-lain, tetapi belum ada satu library terstruktur yang mampu bekerja layaknya OpenCV, untuk dunia 3D. Representasi point cloud di sini secara cerdik mampu memberi kita gambaran utuh tentang framework 3D dalam artian sebenarnya, tanpa harus mamkai resource yang sangat besar; cukup diwakili oleh kumpulan point dalam framework XYZ (atau framework 3D yang lain); artinya kita bisa mengatur seberapa “kongkrit” dunia 3D yg kita inginkan.
PCL ini memberikan banyak fitur untuk para developer , seperti :
- Filtering
- Registration
- Segmentation
- Keypoints
- Range image
- I/O
- Visualization
PCL mampu berjalan di Windows, Linux, dan Mac, dengan versi terbarunya adalah PCL 1.5.1 yang bisa diunduh di tautan berikut :
http://pointclouds.org/downloads/
Informasi lebih lanjut mengenai PCL bisa anda dapatkan pada tautan berikut :
http://pointclouds.org/documentation/
Pada tulisan berikutnya, insya Alloh kita akan membahas lebih lanjut beberapa implementasi dari PCL, termasuk aplikasi yang sedang populer saat ini, range image menggunakan Kinect dan ASUS Xtion.

Be the first to comment on "PCL : Point Cloud Library (bagian 1)"